Latest News

Mengenal KPR dan Berbagai Macam Jenisnya

Mengenal KPRKPR merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. KPR hingga saat ini menjadi salah satu alternatif untuk masyarakat yang ingin memiliki rumah rumah akan tetapi belum mampu untuk membelinya secara cash atau kontan. KPR itu sendiri merupakan sebuah fasilitas pembiayaan yang ditawarkan oleh bank, yang dapat memungkinkan masyarakat untuk membeli rumah dengan pinjaman dari bank. Masyarakat pada umumnya berpikir bahwa KPR itu hanya ada satu jenis saja. akan tetapi, pada kenyataannya KPR memiliki beberapa jenis. KPR yang ditawarkan oleh bank pun beraneka ragam dan memiliki prinsip yang berbeda-beda. KPR juga ada yang dapat dibedakan dengan berdasarkan persyaratan penerima pinjaman dan tingkat suku bunga. 

Mengenal KPR dan Berbagai Macam Jenisnya

Mari kita mengenal KPR yang sesungguhnya agar kita tidak keliru sebelum memilih dan mengambil rumah. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah jenis-jenis KPR yang ada di Indonesia, yakni:


  • Mengenal KPR berdasarkan dengan agunannya, dibedakan menjadi 2 macam yaitu:

1.KPR Pembelian
KPR Pembelian ini merupakan jenis KPR yang sudah sangat umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. KPR yang jenisnya seperti ini biasa digunakan untuk membeli rumah dan menjadikan rumah yang akan dibeli sebagai agunan.

2.KPR Multiguna atau KPR Refinancing
Jenis KPR ini dapat diajukan kembali untuk dapat mengambil kredit yang telah dimiliki (rumah). KPR ini juga dapat disebut sebagaisistem penilaian ulang rumah yang telah dibeli dengan menggunakan KPR pembelian.


  • KPR yang berdasarkan dengan persyaratan penerimaan pinjaman dan tingkat suku bunga, dibedakan menjadi:

1.KPR Konvensional
KPR inilah yang paling banyak dikatuhi oleh banyak masyarakat. KPR Konvensional atau biasa disebut dengan KPR non-subsidi ini disediakan oleh hampir seluruh bank dengan berbagai persayaratan dan bunga yang berbeda-beda.

2.KPR Bersubsidi
KPR yang disediakan oleh bank sebagai bagian dari program pemerintah. KPR ini juga hanya disediakan khusus untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah. Oleh sebab itu, uang muka dan suku bunga yang ditawarkannya pun cukup rendah.

3.KPR Syariah
Jenis KPR ini yang sebenarnya tidak jauh vberbeda dengan KPR non-subsidi yang membedakannya itu hanya prinsipnya saja yang berdarkan pada syariah Islam. Dimana prinsip yang digunakannya itu adalah jual beli. Besarnya nilai cicilan tidak memberikan pengaruh oleh suku bunga, namun telah ditambahkan margin keuntungan yang diambil oleh bank.

4.KPR Take Over
Fasilitas yang diberikan oleh bank guna memindahkan KPR yang telah berjalan di bank lain ke bank yang telah dituju. Keuntungan yang akan didapatkan oleh nasabah jika mengajukan KPR ini ialah berupa tambahan limit pinjaman.

Itulah yang merupakan jenis-jenis KPR yang ada di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Sebanarnya, masih ada beberapa jenis KPR yang lainnya, namun keenam jenis KPR yang telah dijelas di atas tadi, yang paling sering digunakan oleh masyarakat.

0 Response to "Mengenal KPR dan Berbagai Macam Jenisnya"