Latest News

Tips Pemasangan Instalasi Air Bersih dan Kotor Dengan Benar

Tips Pemasangan Instalasi Air – Dalam perencanaan jaringan dan pemasangan instalasi air, baik itu air bersih dan kotor, merupakan salah dari bagian yang paling utama dan butuh perhatian khusus. Sebab satu hal yang sangat dikhawatirkan sekali adalah pada saat rumah yang sudah ditempati terjadi gangguan pada saluran air, misalnya bocor atau mampet. Kalau sudah terjadi kebocoran pada pipa, apalagi dengan posisi yang bocornya itu ada didalam tanah atau didalam dinding, maka dengan begitu untuk mencari pipa yang bocor tersebut pastinya akan menemukan banyak kesulitan dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, dalam perencanaan jaringan pipa harus mudah dideteksi apabila nantinya terjadi kebocoran

Tips Pemasangan Instalasi Air Bersih dan Kotor Dengan Benar

Pada umumnya tips pemasangan instalasi air, saat terjadi kebocoran pada saluran air faktor umumnya ada pada sambungan pipanya, sebab pada saat pemasangan di awal, sambungannya itu kurang baik dan benar. Pembagian jaringan pipa juga harus selalu diperhatikan, agar pembagian airnya pun merata, jangan sampai pada saat kita mungkin sedang cuci tangan di kamar mandi atau WC, tiba-tiba airnya itu mengecil karena ada yang sedang mencuci piring di keran lain.

Anda dapat menggunakan tips pemasangan instalasi air  ini yakni dengan cara pipa yang memiliki kualitas terbaik misalnya saja PVC, paling tidak untuk pipa air bersih bisa gunakan type AW, sedangkan untuk pipa air kotor dengan menggunakan type D. Sebelum melakukan pemasangan instalasi pipa air kotor sebaiknya yang dilakukan terlebih dahulu adalah perhatikan level ketinggian permukaan pembuangan akhir air kotor dengan tinggi permukaan lubang saluran pembuangan air kotor di dalam rumah. Saluran pembuangan air kotor yang ada di dalam rumah harus lebih tinggi, paling tidak minimal 40 cm.

Apabila di dalam perencanaan kamar mandi atau WC menggunakan air panas, maka sebaiknya Anda dapat gunakan pipa tembaga. Perhatikan betul di dalam pelaksanaan pemasangan pipa. Jangan sampai dalam proses pemasangan itu ternyata banyak terjadi sambungan. Semakin banyak sambungan yang dipasangkan, kemungkinan dapat terjadi bocor pun akan semakin besar. Apalagi jika dalam pemasangan instalasi air bersih dan kotor tersebut diborongkan kepada instalatur dan sekaligus berikut dengan bahan materialnya yang berupa pipa, biasanya yang mereka lakukan itu untuk menghemat penggunaan material pipa, pipa yang telah terpotong pendek masih dapat digunakan. 

0 Response to "Tips Pemasangan Instalasi Air Bersih dan Kotor Dengan Benar"