Latest News

Rumah Jadi Homestay Bagaikan Mesin Uang

Rumah Jadi Homestay – Ingin memiliki rumah di daerah kawasan kota wisata dan berdekatan dengan objek wisata, namun harganya itu yang terkadang membuat Anda terus berpokir ulang? Atau Anda khawatir dengan cicilan yang akan membebani keuangan Anda? Memang sangat perlu sekali diakui bahwa unian yang berda di kota wisata itu memiliki harga yang cukup tinggi. Dengan diam-diam langsung menikmati sendiri hunian akan tetapi membebani keuangan, adapun solusi lainnya yang mengundang keuntungan, yakni dengan menjadikannya sebagai invesatasi produktif Anda. Sewakan hunian Anda tersebut dengan jenis penyewaan yang kini sangat tren sekali, yaitu homestay. Anda perlu ketahui bahwa homestay sangat berbeda sekali dengan kontrakan, bisnis dengan menggunakan konsep homesatay menjadikan rumah Anda tersebut sebagai sebuah penginapan atau akomodasi yang memiliki fasilitas lengkap bagai villa atau hotel. 

Rumah Jadi Homestay Bagaikan Mesin Uang

Terkadang ada juga pemilik rumah yang ikut serta dalam menghuni bersama-sama dengan para tamu. Jadi dengan begitu, tidak perlu menyewakan rumah Anda sepenuhnya, melainkan per kamar saja. misalnya Anda memiliki tiga kamar tidur, Anda dapat sewakan dua di antaranya kepada penyewa yang berbeda pada saat waktu yang bersamaan. Banyak manfaat rumah jadi homestay, terutama dapat mengahasilkan uang banyak.

Bisnis rumah jadi homestay seperti ini cukup menguntungkan bagi pemilik dan tentu saja akan membantu Anda dalam melakukan pembayaran cicilan. Terlebih lagi, pada saat ini traveling sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehingga minat untuk mencari penginapan yang nyaman pun akan terus meningkat. Hasil keuntungan bersih yang diperoleh dapat Anda gunakan untuk kembali di investasikan, entah itu untuk kembali membeli rumah guna berinvesatasi atau jenis investasi yang lainnya. untuk dapat menjadikan rumah Anda sebagai homestay yang nyaman, adapun beberapa hal yang memang perlu Anda lakukan serta perhatikan diantaranya:

1.Perhatikan Lokasi
Biasanya itu, kebanyakan tamu yang datang mencari homestay tentu saja akan memperhatikan lokasi. Apakah lokasi tersebut berdekatan dengan obyek wisata, dekat dengan mini market atau tempat makan semacam restoran atau sejenisnya. Jika letak rumah Anda itu berada dilingkungan yang seperti itu, maka tidak perlu ragu lagi untuk menjadikan rumah Anda menjadi homestay.

2.Melakukan Renovasi
Perhatikan kondisi bangunan yang tentu saja menjadi daya tarik utama para tamu pada saat mencari akomodasi yang satu ini. Maka dari itu, Anda dapat lakukan renovasi sedikit rumah Anda, misalnya saja dengan mempercantik kembali bangunan yang sudah agak kusam dengan mencat ulang atau menambahkan aksesoris rumah agar terlihat tampak lebih indah serta dapat meanmbah 1-2 kamar. Sebab, pada umumnya sebuah homestay itu memiliki labih dari satu kamar.

Pada saat Anda melakukan renovasi rumah, ada juga yang perlu Anda perhatikan yakni konsep apa yang nantinya akan dituangkan atau diterapkan. Pilihlah konsep homestay yang berbeda dari yang lainnya, mungkin yang lebih unik sehingga dapat menarik. Tidak perlu mengubahnya menjadi rumah yang megah dan mewah yang memerlukan bujet besar untuk renovasi, yang terpenting dalam renovasi ini dilakukan untuk merapikan dan membuat rumah jadi terlihat lebih bersih. Agar nantinya para tamu yang datang tertarik dan merasa nyaman selama tinggal di homestay milik Anda.

3.Sediakan Fasilitas Menarik
Apabila homestay Anda itu memiliki banyak fasilitas, tetu saja hari ini akan menjadi nilai plus untuk Anda dan tentu saja tamu akan merasa puas serta nyaman jika Anda memberikan fasilitas yang memadai dan lengkap. Fasilitas yang dapat Anda sediakn misalnya saja seperti AC, TV, free wifi, kamar mandi dengan shower dan water heater, handuk, hairdryer, peralatan masak dan lain sebaginya yang tentunya akan sangat dibutuhkan sekali oleh tamu.

4.Perhatikan Harga Sewa
Suatu hal yang tentu saja akan dilihat oleh semua orang ketika akan memilih penginapan. Biasanya itu, mereka memilih homestay dibandingkan hotel sebab harganya akan lebih murah dengan segala fasilitas yang tersedia. Dalam hal ini, tentu saja Anda harus cermat dalam menentukan harga, jangan sampai mematok harga yang begitu tinggi, Anda dapat sesuaikan dengan harga pasaran. Penyesuaian harga juga harus sesuai sebanding dengan fasilitas dan lokasi yang Anda berikan.

5.Lakukan Pengurusan Perizinan
Dalam mendirikan sebuah usaha tentu saja harus memperoleh perizinan dari pihak yang terkait, terutama perizinan lingkungan bukan? Selain itu juga, Anda pun perlu yang namanya memiliki izin operasional. Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhatikannya dan segera untuk mengusunya. Agar nantinya itu tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan.

6.Buatlah Perturan
Anda dapat membuat peraturan untuk homestay Anda. Tentu saj peraturan ini dapat Anda jadikan sebagai senjata untuk melindungi aset serta kebersihan homestay Anda. Misalkan saja, Tamu dilarang membawa hewan peliharaan, tamu dilarang merokok di dalam ruangan serat menkonsumsi barang terlarang seperti alkohol, obat-obatan (narkoba) dan sejenisnya. Atau Anda juga dapat melarang tamu mencoret-coret dinding, dilarang mengambil atau membawa aset yang bukan hak miliknya dan masih banyak larangan yang dapat Anda buat demi menjaga keutuhan homestay. Dengan adanya peraturan yang seperti itu tentu saja ajan menjadi senuah keuntungan bagi Anda bukan?

7.Buatlah strategi Promosi
Adapun langkah terakhir yang dapat Anda lakukan, yakni membuat strategi promosi. Tentunya dengan adanya promosi ini diharpkan homestay Anda lebih banyak dikenal oleh orang-orang terutama para wisatawan. Pada saat ini sudah banyak sekali media promosi yang dapat Anda gunakan, contohnya saja Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan jenis lainnya sebagai wadah promosi gratis.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mempromosikannya dengan melalui website khusus untuk homestay Anda sendiri atau bahkan Anda juga dapat memasukkannya ke situs marketplate tempat orang untuk mencari homestay seperti Traveloka, Pegipegi dansejenis situs lainnya. demi untuk dapat menarik para tamu agar dapat memakai homestay Anda, lakukanlah strategi seperti ini, promosi dengan memberikan potongan harga pada saat momen-momen liburan tertentu.

0 Response to "Rumah Jadi Homestay Bagaikan Mesin Uang"