Latest News

Cara Hemat Listrik Rumah Agar Tak Membengkak

Cara Hemat Listrik – Tarif listrik pada setiap bulannya itu selalu menjadi sumber pengeluaran yang paling besar bagi jutaan keluarga tingkat menengah. Terlebih lagi, pemerintah telah memutuskan untuk menghapus subsidi listrik bagi pelanggan PLN. Keputusan penghapusan listrik telah diatur dengan melalui Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 28 tahun 2016 mengenai tentang Tarif Tenaga Listrik PT PLN (persero) yang telah mengatur atas penerapan tarif non subsidi bagi rumah tangga daya 900 Volt-Ampere (VA) yang mampu dari segi ekonomi, serta Peraturan Menteri ESDM dalam Undang-undang Nomor29 Tahun 2016 tentang Mengenai Pemberian Subsidi Tarif Tenaga Listrik Untuk Rumah Tangga.  Dalam keputusan ini telah dilakukan sosialisasi sejak bulan November tahun yang lalu. Kalau dulu sebelumnya pencabutan subsidi listrik berlaku bagi para pelanggan yang golongan 1.300 Volt Ampere (VA) ke atas, pemerintah yang lalu telah memperluas hingga golongan tarif 900 VA.

Cara Hemat Listrik Rumah Agar Tak Membengkak

Biaya tagihan listrik yang selalu saja terjadi pembengkakan biaya sehingga menjadi kendala kebanyakn rumah tangga pada setiap akhir bulannya. Ketergantungan para masyarakat Indonesia terhadap listrik dapat dikatakan cukup tinggi, terutama dalam penggunaan peralatan elektronik dan pendingin ruangan. Kenaikan tarif dasar listrik (TDL) pada setiap tahunnya juga mengakibatkan terjadinya penggunaan listrik yang semakin mahal biayanya. Sehingga masyarakat harus mencari cara hemat listrik agar tidak lagi terbebani.

Mungkin ketika sebuah rumah yang sudah tertata rapi dan bersih, rasanya belum legkap jika belum dipasang AC didalam rumah. Pasalnya, jika siang hari terutama saat cuaca sedang panas, dengan menggunkan AC adalah salah satu alternatif agar dapat kembali bersantai dirumah tanpa harus merasa kepanasan akibat dari terik matahari. Namun, Anda harus ingat, jika cuaca yang sedang panas, kerja AC pun akan semakin berat, sehingga harus menyedot energy listrik. Jika Andaa saat ini sedang mendapati tagihan listrik yang membengkak, bisa jadi akibat dari penggunaan AC yang berlebihan. Anda harus tahu cara hemat listrik agar biaya pun rendah.

Hal ini terjadi karena semakin Anda menurunkan suhu di mesin pendingin agar dapat menyejukan sebuah ruangan, justru akan semakin besar juga daya listrik yang disedot. Dan bila hal itu dilakukan cukup sering, tagihan bulanan listrik pun akan semakin membengkak. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir tentang tagihan yang membengkak tersebut karena ada cara hemat listrik untuk menyiasatinya. Beberapa cara hemat listrik yang dapat dilakukan:

1.Kurangi Sumber Matahari dan Service AC secara rutin
Debu dan kotoran yang menumpuk pada filter AC akan brpotensi mengurangi kapasitas kerja mesin dan komponen AC. Akibat dari itu, AC pun memerlukan energy yang lebih banyak dan hal ini akan berdampak pada pengguna listrik yang semakin banyak. Maka dari itu, lakukanlah service AC paling tidak minimal 2 bulan sekali agar AC dapat berfungsi secara maksimal dan sekaligus encegah tagihan listrik yang membengkak.

Pada saat memasang AC dengan maksud untuk dapat memberikan kesejukan ruangan, kinerja AC pun akan menjadi lebih berat dan akan lebih banyak mengeluarkan daya akibat dari panas yang berlebih. Oleh sebab itu, kita perlu untuk mengurangi banyaknya cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan, seperti meletakkan tanaman hijau di jendela atau menempelkan lukisan di jendela untuk menghalangi cahaya masuk langsung ke rumah.

2.Gunakan Kipas Angin
Anda dapat menggunakan kipas angin sebagai alat untuk menetralkan suhu ruangan yang mungkin menjadi panas akibat dari kinerja AC yang kurang maksimal. Jika tidak terlalu panas lebih baik gunakan kipas angin sebagai pengganti AC. Namun, apabila ruangan di rumah Anda memiliki banyak jendela, bukalah jendela tersebut agar suhu panas pada ruangan dapat keluar dengan melalui jendela.

Kipas angin memiliki fungsi sebagai alat pendingin yang cukup memadai. Pada saat kipas angin dinyalakan, Anda juga dapat membuka jendela ruangan agar udara kotor dan pengap dalam ruangan dapat digantikan dengan udara yang segar dari luar ruangan. Tips untuk Anda, gunakanlah kipas angin gantung atau celling fans untuk sirkulasi udara yang paling efektif.

3.Matikan listrik di malam hari
Ubahlah kebiasaan Anda dalam menggunakan listrik di malam hari. Jika sebelumnya seluruh lampu rumah dihidupkan saat kamu sudah tertidur lelap, cobalah untuk matikan seluruh lampu yang tidak diperlukan. Seperti lampu di ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, dapur dan bagian lainnya kecuali lampu di luar rumah.

4.Beralih ke pra bayar
Banyak alasan mengapa cara ini juga dapat Anda lakukan. Alasannya adalah dengan menggunakan sistem prabayar dapat mempermudah Anda dalam mengontrol pemakaian listrik. Selain itu juga, Anda tidak akan dikenakan abodemen setiap bulannya. Biaya ini dikenakan bagi pelanggan listrik yang masih menggunakan sistem pasca bayar. Pada umumnya biaya abodemen tagihan listrik pasca bayar sekitar Rp 50.000 hingga mencapai Rp 100.000 dalam sebulannya, tergantung dengan golongan tarif. Jika Anda beralih ke sistem pra bayar menjadi sistem pulsa listrik, Anda dapat menghemat biaya abodemen.

5.Hindari pemakaian water heater yang terlalu sering
Meski bertempat tinggal di daerah yang bercuaca panas seperti di Indonesia ini, tidak sedikit orang yang masih menggunakan air panas. water heater merupakan salah satu alat elektronik yang memiliki daya tinggi. Terlebih lagi, banyak juga orang yang lupa untuk mematikan usai penggunaan. Jika hal itu terjadi pada Anda, untuk meminimalisir penggunaan listrik, pasanglah saklar pada water heater dan nyalakan 15 menit sebelum digunakan dan langsung matikan setelah usai penggunaan.

Sebagai alternatif, cobalah Anda membiasakan diri dengan mandi menggunakan air dingin terutama pada siang hari. Selain tubuh terasa lebih segar, mandi dengan air dingin juga lebih bagus untuk kulit sebab kebanyakan mandi dengan air panas dapat menyebabkan kulit kering dan keriput.

6.Gunakan peralatan elektronik dengan efisien
Meskipun tidak memakan listrik sebesar pemakaian AC, peralatan elektronik lainnya seperti kipas angin, televisi dan mesin cuci juga harus digunakan secara efisien.

Jangan menggunakan mesin cuci jika hanya mencuci beberapa baju saja, kumpulkan pakaian dan handuk yang sudah dipakai selama 1 minggu-10 hari terlebih dahulu dan masukkan sampai penuh ke dalam mesin cuci.

Pada penggunaan televisi dan kipas angin atau sejenisnya, selain dapat menekan tombol OFF pada peralatan elektronik, pastikan juga bahwa koneksi listrik ke saklar juga terputus. Cabutlah kabel dan tekan OFF pada saklar ketika usai menggunakannya. 

0 Response to "Cara Hemat Listrik Rumah Agar Tak Membengkak"